-->

Cara Memperbaiki Struktur Data Di Blog Yang Error Dengan Mudah


Cara memperbaiki struktur data blog error - Dalam sebuah blog terdapat yang namanya struktur data yang disusun guna mempermudah robot.txt Google untuk melakukan pengindeksan. Indeks tersebut menyangkut banyak hal, antara lain gambar, tulisan, maupun video yang ada pada blog anda.

Cara Memperbaiki Struktur Data Di Blog Yang Error Dengan Mudah


Sehingga jika sebuah blog yang memiliki susunan data yang acak-acakan atau error maka akan mempersulit tugas robot.txt Google dalam proses crawl blog tersebut, apa yang terjadi? blog anda akan hilang dari halaman mesin pencarian.

Untuk itulah, membuat blog yang memiliki struktur data yang tertata dengan rapi sangatlah perlu diperhatian. Selain mempermudah robot Google melakukan pengindeksan , blog anda juga akan semakin SEO di mata mesin pencari Google.

Nah bagi anda yang baru terjun dalam dunia perbloggingan, untuk mengecek struktur data pada blog yang error mungkin akan sedikit kebingungan. Mengecek susunan data blog yang error sangatlah mudah, anda tinggal mengunjungi alat pengujian data terstruktur yang sudah di sediakan oleh Google Developers kemudian masukkan url situs anda pada kolom yang sudah tertera.


Cara memperbaiki struktur data blog yang error 


Jika anda sudah tahu bagaimana cara mengecek struktur data di blog yang error, untuk langkah selanjutnya yaitu memperbaiki struktur data blog yang error tersebut. Satu hal penting sebelum anda memperbaiki susunan data blog yang mengalami error, lakukan backup pada template yang sedang anda gunakan sekarang. 

Karena kita akan melakukan perbaikan dengan cara mengedit melalui template tersebut nantinya. Oke langsung saja, bagaimana mengetahui struktur data blog tersebut error? pada menu alat pengujian data terstruktur bisa anda lihat kolom sebelah kanan akan menampilkan struktur data blog anda yang error, sedangkan di kolom sebelah kiri akan menunjukkan html template yang error. 

Setiap struktur data blog yang error akan ditandai dengan warna merah, jadi akan memudahkan anda untuk mencari kesalahan pada data blog tersebut. Berikut ini adalah kode-kodenya :


  • Struktur data error pada headline 

Error yang terjadi pada Headline ini berkaitan dengan h1, h2, dan h3. Untuk itu silahkan anda cari kode dibawah ini :

<h1 class='post-title entry-title' itemprop='name'>

<h2 class='post-title entry-title' itemprop='name'>

<h3 class='post-title entry-title' itemprop='name'>


Tulisan yang berwarna biru atau 'name' ganti dengan tulisan 'headline'


  • Struktur data error pada image 

Pada menu edit template silahkan anda cari kode seperti yang ada dibawah ini, untuk mempermudah anda bisa menggunakan ctrl+f kemudian ketik kode yang ingin anda cari di Edit HTML.


<article class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

Kemudian masukkan kode berikut ini, tepat dibawah kode tadi.

<b:if cond='data:post.firstImageUrl'> <div itemprop='image' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ImageObject'> <meta itemprop="url" expr:content='data:post.firstImageUrl'/> <meta itemprop="width" content='700'/> <meta itemprop="height" content='700'/> </div> </b:if>

  • Struktur data Missing error pada author dan name 

Cari kode  <data:post.body/> dan masukkan kode berikut tepat dibawah kode tersebut.

<!-- hCard"author and name" --> <span class='post-author vcard'> <b:if cond='data:top.showAuthor'> <data:top.authorLabel/> <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'> <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'> <meta expr:content='data:post.authorProfileUrl' itemprop='url'/> <a class='g-profile' expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'> <span itemprop='name'><data:post.author/></span> </a> </span> <b:else/> <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'> <span itemprop='name'><data:post.author/></span> </span> </b:if> </b:if> </span> <!-- hCard"author and name" -->

  • Struktur data Missing error pada image_url 

Untuk memperbaiki eror pada image_url. Silahkan anda cari kode berikut.

<meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='image_url'/>


Silahkan ganti kode yang berwarna biru dengan kode 'image'


  • Struktur data Missing error pada publisher 

Jika terjadi error pada Missing error pada publisher silahkan anda cari kode seperti berikut ini.

<article class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

Kemudian masukkan kode berikut ini tepat dibawah kode tersebut.

<div itemprop="publisher" itemscope='itemscope' itemtype="https://schema.org/Organization"> <div itemprop="logo" itemscope='itemscope' itemtype="https://schema.org/ImageObject"> <meta itemprop="url" content="http://mascholis7.blogspot.co.id"/> <meta itemprop="width" content="600"/> <meta itemprop="height" content="600"/> </div> <meta itemprop="name" expr:content="data:blog.title"/> </div>

  • Struktur data error pada property postId & blogId not recognized 

Untuk mengatasi eror pada postId dan blogId. Silahkan anda cari dan hapus kode seperti dibawah ini.

<meta expr:content='data:blog.blogId' itemprop='blogId'/>

<meta expr:content='data:post.id' itemprop='postId'/>

<![endif]-->


  • Struktur data Missing error pada datePublished dan dateModified 

Cari kode seperti berikut pada menu edit HTML.

<article class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

Lalu copy dan paste kode berikut ini tepat dibawah kode tersebut.

<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published' expr:content='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished dateModified'><span class='updated'><data:post.dateHeader/>T<data:post.timestamp/></span></abbr></a>

  • Struktur data error pada updated 

Silahkan anda cari kode seperti yang ada dibawah ini.

<abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a>

Gantilah kode yang anda cari tersebut dengan kode dibawah ini.

<abbr class='published' expr:content='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><span class='updated'><data:post.timestamp/></span></abbr></a>

  • Struktur data error maintEntityOfpage 

Temukan kode seperti dibawah ini atau yang mirip.

<article class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

Lalu copy dan pastekan kode berikut ini dibawah kode tersebut.

<div itemscope='itemscope' itemprop="mainEntityOfPage" itemType="https://schema.org/WebPage"/>

Baca juga :



Setelah anda selesai memperbaiki semua struktur data yang error di blog tersebut silahkan save atau simpan template anda. Dan untuk memastikan bahwa sudah benar-benar fix tidak ada yang struktur data yang error lagi, silahkan anda cek kembali dengan menggunakan alat pengujian data terstruktur tersebut. 


Oke sobat, diatas merupakan artikel tentang bagaimana cara memperbaiki struktur data di blog yang error dengan mudah. Semoga dengan memperbaiki struktur data blog tersebut, blog anda akan cepat mendapatkan posisi di halaman pertama Google. Jika anda mengalami kesulitan memperbaiki struktur data pada blog anda, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Sekian dulu dan semoga bermanfaat.

Click to comment