-->

5 Cara Mempercepat Loading Blog (Optimasi page speed)


Cara Mempercepat Loading Blog – Salah satu faktor yang menyebabkan blog anda sering ditolak ketika mengajukan Adsense adalah halaman blog anda memiliki kecepatan yang sangat lambat ketika proses loading. Hal tersebut bisa terjadi karena anda tidak mengoptimasi template dengan baik, meskipun anda sudah memilih template yang SEO friendly namun belum tentu template tersebut memiliki page speed yang maksimal. 

Cara Mempercepat Loading Blog


Bahkan jika anda membeli template premium pun juga belum tentu template tersebut memiliki loading halaman yang cepat, anda masih harus mengoptimasi template tersebut agar memiliki loading halaman yang sangat cepat. Optimasi page speed juga merupakan salah satu optimasi SEO on page yang perlu anda perhatikan, dimana sebuah blog yang memiliki page speed bagus maka akan semakin bagus pula penilain Google terhadap blog anda.



Masalah halaman yang memiliki loading lambat tentu berhubungan langsung dengan para pengguna / pengunjung, ketika mereka mengunjungi blog anda dan merasakan performa yang sangat buruk pada blog anda tentu para pengunjung merasa sangat tidak nyaman. Dan hal buruknya para pengujung lama kelamaan akan meninggalkan blog anda, tentu sangat disayangkan jika anda memiliki sebuah konten yang berkualitas pada blog tersebut.



Untuk itulah pada kesempatan kali ini IMTips akan membahas tentang bagaimana cara mempercepat loading blog / mengoptimasi page speed agar semakin SEO dan nyaman bagi para visitor blog anda. Silahkan anda simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.



Situs untuk test kecepatan website


Jika anda ingin mengetahui kecepatan loading dari halaman blog yang anda miliki, langkah  yang harus anda lakukan adalah melakukan test di situs yang menyediakan fitur untuk test kecepatan website. 

Untuk masalah ini anda tidak perlu kawatir, karena Google sendiri sudah lama menyediakan fitur tersebut. Google developers mengembangkan banyak sekali tool yang bisa kita manfaatkan guna memudahkan para pengembang blog agar bisa memaksimalkan webiste yang mereka buat. 

Cara mengetahui kecepatan loading halaman webiste anda cukup mengunjungi situs berikut ini pagespeed insights . Sebenarnya masih ada lagi situs yang bisa anda gunakan untuk test kecepatan loading suatu halaman website, situs yang bisa anda jadikan acuan adalah GTmetrix . 

Kedua situs untuk mengecek kecepatan loading website tersebut sangat saya rekomendasikan untuk anda, karena hasilnya memang benar-benar akurat dan bisa membantu anda dalam melakukan optimasi kecepatan loading blog.


Beberapa cara mempercepat loading blog



Optimasi pagespeed dengan CDN (Content Delivery Network)

Untuk langkah pertama jika ingin halaman blog anda memiliki kecepatan yang maksimal, manfaatkan fitur CDN. Dimana CDN ini berfungsi mempersingkat waktu pengiriman file ke server asli dengan cara membagikan file copy nya di seluruh server pendukung. Dengan memanfaatkan CDN pagespeed anda akan semakin maksimal dan memiliki waktu loading yang singkat.

Anda dapat menggunakan CDN dari layanan Cloudflare, dan untuk cara settingnya anda bisa mengikuti langkah dibawah ini :
  • Silahkan mengunjungi situs Cloudflare untuk melakukan pendaftaran, jangan lupa setelah membuat akun untuk memverifikasi akun anda.
  • Jika akun anda sudah jadi, pada dashboard Cloudflare masukkan situs anda dengan mengklik “add site “ dan masukkan situs anda.
  • Klik menu “Begin scan” dan tunggu beberapa saat sampai muncul status “scan complete”, setelah proses scan selesai disitu anda akan melihat domain anda yang sudah terdaftar tadi kemudian klik menu “continue setup” untuk langkah selanjutnya.
  • Pada menu selanjutnya anda bisa melihat DNS record pada situs anda lanjutkan dengan “continue”.
  • Setelah itu anda akan di suruh memilih paket / planning dengan harga yang bervariasi, jika anda tidak ingin keluar biaya maka pilih yang “free website” saja dan lanjutkan dengan mengklik “continue”.
  • Menu selanjutnya akan ditampilkan name servers milik anda, dan name servers yang asli bisa anda lihat di bagian “ current nameservers” sedangkan untuk melihat name servers yang di berikan oleh Cloudflare bisa anda lihat di bagian “ Chane nameservers to”.
  • Pada langkah terakhir disini anda sudah memiliki beberapa name server baru yang sudah diberikan oleh Cloudflare, dan lakukan login dengan akun yang baru anda buat tadi. Kemudian atur domain anda dan pilih pengaturan “name server”, maka akan muncul beberapa kolom untuk mengganti name server dan ganti name server yang lama dengan name server yang baru lalu simpan.



Optimasi pagespeed dengan Minify CSS & Java script

Salah satu optimasi pagespeed pada sebuah website yang paling ampuh adalah dengan cara mengompres file CSS & Java script yang terdapat pada template anda. File-file tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar meskipun jika anda lihat ukuran file-file tersebut hanya berkisar antara 1-8kb saja. Namun meskipun begitu CSS & Java script akan selalu melakukan load saat ada yang membuka halaman blog anda, sehingga jika anda tidak melakukan kompresing pada CSS & Java script yang di template anda maka halaman tersebut akan menjadi sangat lambat. Untuk cara optimasi pagespeed dengan Minify CSS & Java script ini bisa anda lakukan melalui cara berikut :
  • Buka Gtmetrix.com lalu pada kolom silahkan anda masukkan URL situs anda kemudian klik GO!.
  • Setelah itu akan muncul daftar bagian yang akan di optimasi, berhubung kita akan mengoptimasi “Minify CSS & Java script” maka klik pada masing-masing menu tersebut.
  • Buka satu persatu, kemudian anda pilih “optimized version” untuk mulai mengoptimasi link yang anda dapat dari menu “Minify CSS” & “Java script”. Setelah anda mendapat file versi optimasinya, copy file tersebut dan masuk pada dashboard blog anda . Kemudian anda ganti file yang perlu dioptimasi dengan melakukan paste file optimasi yang sudah anda copy tadi.



Optimasi pagespeed dengan mengkompres gambar

Membuat konten agar semakin menarik terkadang perlu adanya gambar-gambar pendukung untuk bisa memancing para pengunjung. Namun mengupload gambar yang banyak pada satu konten tentu akan membuat halaman tersebut menjadi sangat berat, untuk itu lah jika konten yang anda buat mengharuskan adanya gambar-gambar pendukung maka solusi terbaiknya adalah dengan cara melakukan kompres pada gambar yang akan anda upload tersebut. Sehingga meskipun dalam konten tersebut terdapat banyak sekali gambar yang anda upload akan tetap ringan ketika halaman dibuka, karena sebelumnya anda sudah mengopres gambar tersebut . Untuk cara kompresi gambar anda dapat mencari caranya di Google dengan menggunakan situs-situs yang memiliki fitur kompresi gambar.




Optimasi pagespeed dengan memanfaatkan Laverage browse caching

Dengan memanfaatkan fitur cache pada sebuah website, ini akan membuat website anda semakin teroptimasi dengan baik. Dimana waktu cache semua file yang terdapat di blog anda bisa anda manipulasi sehingga masa cache tersebut lebih panjang. Hal ini juga sangat berpengaruh pada kecepatan halaman website anda. Untuk scriptnya anda bisa mencarinya di Google, disana banyak sekali script dari mastah-mastah yang ampuh untuk di gunakan.




Optimasi pagespeed dengan Kompres Gzip

Kompres Gzip sangat bermanfaat sekali jika anda ingin membuat halaman website anda semakin cepat. Cara kerjanya yaitu pada sebuah server web mengirim file dengan versi zip dari website ke browser yang digunakan pengunjung, dengan file yang sudah di zip tersebut tentu membuat ukurannya semakin kecil sehingga nanti akan membuat halaman website anda semakin cepat. Berikut ini adalah script yang bisa anda gunakan untuk mengaktifkan fitur gzip :

<ifModule mod_gzip.c>
mod_gzip_on Yes
mod_gzip_dechunk Yes
mod_gzip_item_include file .(html?|txt|css|js|php|pl)$
mod_gzip_item_include handler ^cgi-script$
mod_gzip_item_include mime ^text/.*
mod_gzip_item_include mime ^application/x-javascript.*
mod_gzip_item_exclude mime ^image/.*
mod_gzip_item_exclude rspheader ^Content-Encoding:.*gzip.*
</ifModule> 



Perlunya optimasi page speed pada sebuah website memang sangatlah penting. Dimana selain membuat website / blog anda lebih SEO friendly dimata pengunjung, website anda juga akan mendapat nilai plus di mata Goolge.


Nah sobat , itu tadi adalah beberapa 5 Cara Mempercepat Loading Blog (Optimasi page speed) agar lebih SEO. Semoga bermanfaat.

Click to comment