-->

Cara Mudah Mendatangkan Pengunjung Organik Pada Blog


Cara mendapat pengunjung organik -  Dalam dunia blogging pengunjung dibagi dalam dua macam, yaitu pengunjung organik dan pengunjung tidak organik. Yang dimaksud dengan pengunjung organik sendiri yaitu pengunjung yang berasal dari hasil mereka mencari keyword di mesin pencari Google, dengan mengetikkan kata kunci yang mereka cari kemudian menemukan blog anda pada Search Engine itu yang dinamakan organik trafik.

Cara Mudah Mendatangkan Pengunjung Organik Pada Blog


Sedangkan untuk pengunjung tidak organik ini biasanya berasal dari hasil link postingan yang kita share ke sosmed maupun dengan cara blog walking. Dengan kata lain kita menyuruh mereka untuk mengunjungi blog kita, sehingga mendatangkan trafik tidak organik.

Lantas apa dampaknya jika blog kita lebih sering mendapatkan trafik tidak organik daripada yang organik???

Jelas dampaknya mengacu pada kualitas blog itu sendiri, dengan kata lain blog kita dinilai blog yang kurang bagus di mata Google. Mengingat setiap konten yang kita buat tidak ada yang masuk SERP dan menduduki halaman pertama pada mesin pencari, sehingga trafik organiknya tidak ada yang masuk.

Nah, jika sudah demikian tentu anda tidak mau kan jika blog anda di cap jelek oleh Google, untuk itu ikuti beberapa cara mendapatkan trafik organik berikut ini.

Tips mendapatkan pengunjung organik di blog


1. Melakukan submit blog ke webmater


Di postingan saya yang sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara melakukan submit url halaman blog di webmaster. Ini sangat penting, agar blog maupun postingan yang anda buat cepat terindex di mesin pencari. Sekarang coba anda pikirkan, bagaimana bisa orang menemukan blog anda dengan kata kunci tertentu jika blog anda sendiri belum terindex sama sekali.

Dalam dunia internet tidak hanya terdapat satu mesin pencari saja, namun banyak sekali mesin pencari yang bisa kita manfaatkan selain Google. Salah satunya, Bing, Yandex dan masih banyak lagi. Lakukan submit di setiap mesin pencari, sehingga kemungkinan orang dapat menemukan blog anda akan semakin besar peluangnya.


2. Konten adalah raja


Hal terpenting lainnya jika anda ingin mendapatkan trafik organik adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Ingat konten adalah raja, jadi jangan sampai anda melupakan hal ini. Ketika seseorang ingin mencari informasi dengan mengetikkan keyword pada mesin pencari, kemudian menemukan blog anda di halaman pertama mereka pasti akan mengeklik halaman anda tersebut dengan asumsi mereka ingin mendapatkan informasi yang bagus. 

Namun bagaimana jika konten yang anda buat tidak berkualitas? sekalipun bisa menduduki page one, namun baik judul maupun isinya tidak menarik mereka pasti malas untuk mengunjungi blog anda. 

Dengan membuat konten yang berkualitas, maka pengunjung yang sebelumnya mengunjungi blog anda kemungkinan akan memberikan informasi kepada temannya bahwa di blog anda menyediakan konten yang mereka cari dan sangat bermanfaat untuk dibaca.


3. Optimasi SEO 


Dalam hal optimasi SEO ini ada dua macam yakni optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Yang dimaksud dengan optimasi SEO on page adalah optimasi SEO yang anda lakukan langsung pada postingan tersebut. Sedangkan optimasi off page adalah optimasi SEO yang bisa anda lakukan ketika sedang tidak on pada halaman blog. 

Seperti contohnya, mengedit template agar memiliki kecepatan yang bagus. dan mendesainnya sehingga akan terlihat menarik ketika ada orang yang mengunjungi blog anda. Dengan tampilan blog yang sedemikian rupa, maka pengunjung akan betah ketika berada di dalam blog anda. Mereka merasa nyaman, dan bebas untuk menjelajahi semua isi blog anda. 



4. Memanfaatkan sosmed


Loh katanya tadi jika melakukan share di sosmed kita akan mendapatkan trafik tidak organik??? yups memang betul, namun yang saya maksudkan disini adalah kita memanfaatkan sosmed bukan dengan menyebarkan live link. Kita gunakan trik untuk mengakalinya, seperti contohnya update status Facebook " hai , selamat pagi kawan,,,kalian sudah sarapan belum?,,tahu gak sarapan apa yang menyehatkan badan? yuk cari infonya di Google dengan kata kunci Sarapan yang menyehatkan badan" .

Nah dengan trik tersebut secara tidak langsung mereka akan tertarik dengan ajakan anda, dan mereka akan mengetikkan keyword tersebut di mesin pencari kemudian menemukan blog anda. Dari situlah nanti kita akan mendapatkan trafik organik tanpa harus menyematkan live link.


Baca juga :




Mendapatkan pengunjung organik tidaklah susah jika kita tahu tekniknya, namun tentunya anda juga harus bersabar karena meskipun anda sudah menerapkan cara diatas tidak akan langsung mendatangkan pengunjung organik. Semuanya butuh waktu dan ketelatenan. 


Oke sobat IMTips semoga cara mudah mendatangkan pengunjung organik pada blog kali ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Click to comment