-->

Cara Mudah Membuat Blog Untuk Pemula, Ikuti 7 Langkah Ini


Cara mudah membuat blog - Hallo sobat IMTips, dipostingan yang pertamakali ini saya akan memberikan informasi untuk anda tentang bagaimana cara membuat blog dengan mudah tentunya untuk para pemula. Blog merupakan sebuah platform dimana kita bisa menyalurkan bakat menulis kita. Entah itu untuk memberikan informasi atau sekedar menulis kehidupan pribadi seseorang.

cara membuat blog untuk pemula


Dengan menjadi blogger wawasan kita juga akan semakin luas. Karena perkembangan dunia blogging kini semakin berkembang sangat pesat. Mengingat sudah banyak yang tahu bahwa blog bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Kini banyak sekali yang berminat menggeluti aktifitas blogging ini.


Keuntungan membuat blog

Saya sendiri mengenal dunia blogging semenjak saya masih duduk dibangku SMK. Namun saat itu saya belum terlalu berminat, karena selalu disibukkan oleh segudang aktifitas sekolah. Ditahun 2015 salah satu saudara saya bekerja di suatu perusahaan dimana dalam perusahaan tersebut ternyata memanagement suatu blog / website yang bisa dibilang cukup besar.

Saat itu saudara saya menjabat sebagai SEO (Search Engine Optimize), dimana dalam posisinya tersebut dia bertugas untuk mengoptimasi blog kantornya. Dari situlah kemudian dia mulai membuat blog sendiri, akhirnya sukses membangun blognya di tahun 2016 dan resend dari kantornya. Waktu itu saya tidak tahu apa untungnya membuat blog, kemudian sedikit demi sedikit saya mulai belajar dari saudara saya. Ternyata blog itu bisa menghasilkan uang, tentunya dengan proses yang cukup lama.

Selain menghasilkan uang, seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa menjadi seorang blogger akan menambah wawasan kita tentang banyak hal. Kenapa demikian? ya tentu saja, karena selain kita melakukan aktifitas tulis menulis kita pasti juga sering membaca informasi dari blog lain untuk kita jadikan ide dalam membuat artikel.


Langkah mudah membuat blog untuk pemula

Setelah anda mengetahui keuntungan membuat blog diatas, apakah anda masih tertarik membuat blog??? Jika iya, oke sekarang kita lanjut bagaimana membangun atau membuat blog untuk pemula. 

Sebenarnya untuk membuat blog banyak sekali jenis platform yang bisa kita gunakan. Namun dalam artikel ini saya akan menjelaskan satu platform saja yaitu blogspot. Karena menurut saya platform blogspot merupakan platform untuk membuat blog yang paling simple diantara platform yang lainnya. Selain simple, blogspot juga di developeri langsung oleh Google loh sobat.

1. Tentukan topik 

Dalam hal ini, anda harus berpikir sendiri untuk menentukan topik blog yang akan buat. Untuk topik sendiri saya lebih menyarankan anda untuk membuat topik yang sesuai dengan kesukaan atau hoby anda. Karena jika anda memilih topik yang tidak sesuai, blog yang anda buat nantinya tidak akan maksimal. Mengapa demikian? tentu saja, bagaimana bisa maksimal jika anda menulis sesuatu yang tidak anda kuasai. Menentukan topik adalah point utama yang harus anda pikirkan dengan matang. Karena topik tersebut akan sangat berpengaruh pada masa depan blog anda.

2. Nama domain

Pernah mendengar keyword on domain??? yah, menentukan nama domain yang akan anda gunakan untuk blog anda juga sangat penting. Sekarang kita ambil contohnya saja, jika anda membuat blog yang membahas tentang teknologi namun anda memberi nama blog anda dengan nama "jagungrebus.com" tentu akan sangat aneh bukan?. Untuk itu jangan sampai anda salah memilih nama domain untuk blog anda. Pilihlah nama domain yang masih ada hubungannya dengan topik blog anda. Dengan begitu para pengunjung tidak akan merasa aneh, dan disisi lain nama domain yang masih ada hubungan dengan topik blog akan mempermudah blog anda meranking di SERP Google.

3. Pilih template SEO responsive dan friendly

Template merupakan sebuah tema, dimana dalam blog berfungsi untuk mempercantik tampilan blog anda. Untuk saat ini blogspot sudah menyediakan banyak sekali template terbaru bawaan yang sudah SEO responsive dan friendly user. Anda bisa memilih template sesuai dengan topik blog anda, atau jika anda kurang suka dengan template yang sudah di sediakan oleh blogspot anda bisa mencari template gratis lainnya melalui pencarian Google.

4. Mendaftar ke Blogspot.com

Setelah anda mempersiapkan hal diatas, lakukan pendaftaran melalui platform blogspot.com dengan menggunakan email Gmail anda. Caranya sangat mudah, anda cukup masuk ke alamat www.blogspot.com kemudian klik pada menu Mulai. Setelah itu anda tinggal memasukkan nama blog dan nama domain blog anda.

5. Konsisten

Hal terakhir yang harus anda persiapkan sebelum membuat blog yaitu konsisten. Konsisten yang saya maksudkan ini adalah konsiten dalam mengupdate konten pada blog anda dalam satu niche / topik. Jangan terpaku oleh trend sehingga konten / artikel yang anda buat nantikan bisa keluar dari jenis niche yang anda pakai. Tetap fokus pada satu niche saja dulu, agar hasilnya maksimal. Jika memang niche yang anda pilih lagi tidak trend, buatlah konten yang fresh dan berbeda dari yang lain. Maka dengan begitu konten yang anda buat akan sangat menarik untuk dibaca oleh banyak orang.

6. Jangan mudah bosan

Ini masih ada hubungannya dengan yang ada diatas, ketika anda sudah menulis banyak artikel namun tidak ada satupun yang membaca jangan pernah merasa bosan. Tipsnya iringi dengan hoby, karena tidak ada pekerjaan yang menyenangkan selain hoby yang menghasilkan uang nantinya.

7. Share ke Sosmed

Untuk mengatasi sepinya pengunjung anda bisa melakukan sharing ke sosmed anda atau ke grup sosmed yang sesuai dengan pembahasan blog anda. Maka dengan cara tersebut, blog anda lama kelamaan akan banyak dikenal oleh banyak orang.


Nah sobat untuk menjadi seorang blogger sangatlah mudah. Namun perlu adanya sebuah pemikiran / rencana yang matang agar hasil yang kita dapat nantinya tidak mengecewakan. Untuk itu harus kita dasari dengan hoby agar semua bisa terasa ringan dan tidak menjadi beban pikiran ketika membuat sebuah blog yang berkualitas.

Sekian dulu artikel tentang 7 Cara Mudah Membuat Blog Untuk Pemula, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.

Click to comment