-->

Panduan Belajar Ngeblog Untuk Pemula Sampai Sukses Menghasilkan Uang


Panduan belajar ngeblog untuk pemula - Blog atau website merupakan sebuah platform yang menyediakan banyak sekali informasi yang kita butuhkan. Untuk saat ini, blog sudah menjadi trend di kalangan anak muda. Banyak sekali dari mereka yang membuat blog untuk sekedar sharing informasi ataupun membuat blog pribadi.

Panduan Belajar Ngeblog Untuk Pemula Sampai Sukses Menghasilkan Uang


Bagi para pemula mungkin akan sedikit asing jika mendengar istilah blogging ini. Memang secara singkat mereka mengerti seperti apa bentuk atau wujud blog tersebut. Tapi untuk arti secara keseluruhan saya kira banyak yang belum paham tentang arti sesungguhnya dari blog.

Jika anda ingin belajar ngeblog, pastikan bahwa anda benar-benar serius. Karena jika anda belajar ngeblog hanya untuk sekedar iseng-iseng, 2 menit pun juga bisa anda lakukan tanpa memahami arti keseluruhan dari blog tersebut.

Ok, sekarang kita lanjut ke topik. Dibawah ini ada panduan lengkap belajar ngeblog yang akan saya jabarkan secara lengkap. Semua panduan yang saya tulis ini merupakan hasil pengalaman pribadi saya selama satu tahun belajar ngeblog. Silahkan anda simak rangkumannya dibawah ini.


Panduan belajar ngeblog untuk pemula, lengkap!!!!


Banyak dari para pemula yang menanyakan arti sebenarnya tentang blog. Dan pertanyaan tersebut dulu juga sempat muncul dalam pikiran saya, sehingga itu semakin menumbuhkan niat saya untuk belajar ngeblog sampai sukses. Ok, jika niat anda sudah mantap saya akan menjelaskan satu persatu untuk menjawab semua pertanyaan yang mungkin juga muncul dalam pikiran anda tersebut.


Apa sih blog itu ?


Panduan Belajar Ngeblog Untuk Pemula Sampai Sukses Menghasilkan Uang


Untuk anda yang memang baru terjun dalam dunia blog, mungkin anda tidak begitu paham tentang apa itu blog. Memang diluar sana mungkin juga sudah banyak sekali blog yang membahas tentang pengertian blog. 

Namun jika dilihat dari cara penyampaiannya mungkin anda akan sulit untuk memahaminya. Untuk itulah disini saya akan menjelaskan secara rinci tentang apa itu blog dengan gaya bahasa saya, agar anda mudah untuk menangkap semua materi tentang blog ini.

Secara garis besar blog merupakan salah satu dari sekian banyak website yang ada diseluruh dunia internet. Dimana semua konten yang anda lihat baik itu artikel, video, gambar yang dirangkum dalam satu halaman disebut dengan blog.

Blog itu contohnya seperti apa mas ?

Oke, agar anda mudah memahaminya. Disini saya memiliki beberapa contoh yang mungkin bisa anda jadikan gambaran. Contoh dibawah ini saya kelompokkan berdasarkan tema atau jenis dari blog tersebut.

  • Forum : contohnya ads.id,  kaskus.com, juragancipir.com dsb. Dalam forum ini pada umumnya didalamnya terdapat sebuah thread untuk membahas topik-topik tertentu yang didiskusikan oleh sesama anggota forum. 
  • Portal berita : contohnya tribunnews.com, kompas.com, detik.com dsb. Blog jenis ini biasana menyajikan informasi terupdate, dengan kata lain setiap hari selalu ada konten-konten fresh yang mereka sajikan untuk para pembaca.
  • Referensi : wikipedia.com. Dimana blog seperti ini menyajikan banyak sekali informasi tentang istilah-istilah kata baik yang rumit maupun sederhana.
  • Toko Online : lazada.com, tokopedia.com, blibli.com dsb. Blog yang dirancang khusus untuk berjualan online, atau biasanya mempromosikan sebuah produk.
  • Social Network : twitter.com, plus.google.com, facebook.com, instagram.com dsb. Blog yang sejenis ini pasti anda sudah tidak asing lagi, dan mungkin menjadi konsumsi anda sehari-hari. Kita bisa melakukan interaksi kepada semua orang diseluruh dunia hanya dengan melalui situs sosial media ini.
  • Search Engine : google.com, yahoo.com, yandex.com dsb. Sebuah blog yang memiliki fungsi sebagai mesin pencari kata kunci atau blog yang ingin anda cari.
  • Blog konten khusus : imtips.tk, berponsel.com dsb. Dimana blog seperti ini menyajikan informasi dengan beberapa tema namun dibahas lebih spesifik, seperti imtips.tk yang hanya membahas tentang Blog, AdSense, dan SEO saja.

Nah bisa anda lihat disitu bahwa masing-masing blog pasti memiliki fungsi yang berbeda. Namun fungsi sebenarnya dari blog itu sendiri adalah untuk mempermudah seseorang menulis catatan pribadinya, sehingga orang tidak akan menghabiskan kertas banyak untuk mencatat semua cerita hidupnya.

Blog semakin berkembang pesat, sehingga fungsi dari blog kini tidak hanya untuk itu saja. Tetapi sudah banyak digunakan untuk hal-hal yang lainnya seperti membuat informasi, opini, keperluan bisnis, politik dan sebagainya.


Kenapa saya harus ngeblog ?


Panduan Belajar Ngeblog Untuk Pemula Sampai Sukses Menghasilkan Uang


Setelah anda mendapatkan jawaban dari pertanyaan apa sih blog itu ? Mari kita lanjut ke pertanyaan yang mungkin juga muncul dalam pikiran anda. Mengapa saya harus ngeblog ? 

Kira-kira kenapa ya kog harus ngeblog? ngeblog itu asik lho sobat. Apalagi jika kita menjadikan ngeblog sebagai hobi yang positif, tentu hal tersebut sangat mengasikkan. Anda bisa bebas menuliskan apa yang anda suka dalam blog tersebut, mulai dari kehidupan pribadi maupun hobi apa saja yang anda sukai. 

Selain itu anda juga bisa berbagi informasi semua orang dengan gaya bahasa anda sendiri, jika suatu saat ada yang membaca tulisan anda dan mereka menilai bahwa informasi yang anda sampaikan sangat bermanfaat maka seseorang tersebut pasti akan memberikan apresiasi untuk anda. 

Ngeblog itu banyak sekali manfaatnya, bukan hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk orang lain. Nah untuk itu silahkan anda simak beberapa manfaat lainya jika anda ngeblog dibawah ini.



1. Jadi penulis hebat


Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, dulu waktu pertamakali belajar ngeblog saya bukanlah seseorang yang ahli dalam merangkai sebuah kalimat atau kata-kata. Namun karena keseringan membuat postingan dalam sebuah blog lama kelamaan tulisan yang saya buat ternyata banyak yang enak dibaca hehe.

Ini sangat berbeda sekali pada saat saya pertamakali terjun dalam dunia blogging. Maka dari itu jika anda serius untuk ngeblog, maka suatu saat anda pun juga akan menjadi penulis yang hebat di masadepan. Hal ini sangat cocok sekali, apalagi jika anda memiliki hobi menulis.

Dengan ngeblog maka pengalaman menulis anda juga akan semakin bertambah, selain itu wawasan tentang berbagai hal juga akan semakin meningkat sehingga menjadikan anda seseorang yang cerdas.



2. Membantu banyak orang


Definisi membantu sendiri tidak hanya bisa kita lakukan dalam kehidupan nyata, namun melalui dunia maya atau internet pun kita juga bisa membantu orang lain. Dengan anda membuat informasi yang mereka butuhkan, maka secara tidak langsung anda sudah membantu mereka untuk mengetahui apa yang belum mereka ketahui.

Menjadikan seseorang menjadi semakin pintar itu merupakan perbuatan yang sangat mulia lho sobat. Nah dengan melalui tulisan yang anda buat tersebut, maka suatu saat orang itu akan menjadikan anda seseorang yang dapat di percaya dalam bidangnya sehingga bukan suatu hal yang mungkin jika dia akan menjadi pengunjung setia blog anda.



3. Membangun persaudaraan dalam dunia internet


Blogging sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sosial media, dimana anda juga bisa berinteraksi dengan pembaca yang ada di blog anda. Apalagi jika tulisan yang anda buat sangatlah berkualitas, tentu akan membangun sebuah kepercayaan bahwa informasi yang anda buat merupakan informasi yang akurat.

Merupakan hal yang sangat positif jika ada banyak orang memberikan apresiasi terhadap tulisan anda, anda akan semakin terkenal di dunia internet karena memiliki gaya tulisan atau penyajian konten yang sangat bagus menurut mereka. Dengan begitu maka blog anda juga akan semakin maju kedepannya.



4. Menjadikan mesin pencetak uang


Mungkin bagi anda yang baru terjun dalam dunia blogging tidak akan percaya jika blog bisa menghasilkan uang. Yups, tapi inilah faktanya bahwa blog memang bisa menghasilkan uang. Dunia internet semakin maju dan berkembang pesat sob, maka jangan heran jika blog bisa juga menghasilkan uang mulai dari puluhan juta sampai ratusan juta dan bahkan milyaran juta uang.

Bagaimana bisa? Pernah mendengar istilah iklan? Yups, iklan tidak hanya terdapat di dunia nyata ataupun televisi saja, saat ini iklan dalam dunia internet sudah berkembang sangat pesat sehingga memungkinkan blog anda untuk menjadi mesin pencetak uang dari para pengiklan yang numpang memasang iklannya di blog anda tersebut. Tertarik? Yuk lanjut baca ke materi selajutnya.



Darimana saya harus memulainya?



Panduan Belajar Ngeblog Untuk Pemula Sampai Sukses Menghasilkan Uang


Sebelum anda memutuskan untuk serius terjun dalam dunia perbloggingan pastikan bahwa tekad anda sudah bulat dan mantap. Karena jika anda hanya memiliki mental yang lemah, baru setengah jalan mungkin akan merasa putus asa ketika membangun sebuah blog baru.

Membangun blog itu butuh kesabaran dan ketelatenan sob, satu hal lagi yang penting jangan pernah mengeluh dengan hasil yang anda dapat dan tetap berdoa kepada Tuhan untuk minta yang terbaik.

Dalam proses membangun sebuah blog ada beberapa point yang harus anda perhatikan agar blog tersebut nantinya memiliki sebuah identas dan ciri khasnya sendiri. Yups, beberapa point tersebut ada dibawah ini.


1. Tentukan tujuan dibuatnya blog tersebut


Menentukan tujuan sebelum membuat blog itu sangat penting, karena jika anda tidak memiliki tujuan pasti maka blog yang anda bangun akan sia-sia. Kenapa sia-sia? Membangun blog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran ekstra sobat. Jadi jangan dianggap remeh, meskipun kelihatannya hanya sekedar nulis lama-lama juga bisa jenuh apabila kita tidak memiliki tujuan yang pasti.

Namun berbeda jika kita sudah memiliki tujuan, paling tidak tujuan tersebut nantinya bisa kita jadikan motivasi agar kita semangat untuk ngeblog secara konsisten.


2. Tentukan tema atau topik pada blog anda


Menentukan tema atau topik juga merupakan point penting dalam tahap pembuatan blog. Pilihlah topik yang sesuai dengan hobi anda atau hal yang anda sukai. Jika anda memaksakan diri memilih topik yang trend namun tidak anda kuasai materinya, percayalah blog anda tidak akan berkembang bahkan hasilnya pun tidak akan maksimal.

Pasti anda tidak menginginkan hal itu terjadi kan ? Untuk itu memilih tema yang tepat dan sesusai dengan minat anda sangatlah penting dalam membangun sebuah blog.


3. Tentukan layanan ngeblog yang akan anda gunakan


Memilih layanan terbaik dalam membangun blog akan menentukan kualitas dari blog itu sendiri. Saat ini sudah banyak sekali penyedia layanan untuk membuat blog dan salah satunya yang paling populer ada wordpress.com, blogspot.com, thumblr.com dan masih banyak penyedia layanan blog lainnya. Anda bisa memilih salah satu layanan yang menurut anda mudah untuk di jalankan, kalau saya sendiri menggunakan layanan dari blogspot.com. Selain mudah, blogspot juga gratis hehe. Dan yang paling penting blogspot.com juga merupakan partner dari Google.


4. Mulailah menulis artikel atau konten


Jika semua point diatas sudah anda tentukan, maka tahap selanjutnya adalah mulai menulis artikel atau membuat konten untuk mengisi blog anda tersebut. Buatlah artikel yang sesuai dengan tema yang sebelumnya sudah anda tentukan. Jika anda bingung harus memulai darimana, bukalah blog yang temanya sama dengan blog anda. Dari situ anda bisa mendapatkan ide menulis dengan gaya bahasa pribadi anda. Ingat! Jangan sekali-kali melakukan copas, karena jika anda melakukan copas blog anda bisa di cap buruk oleh Google maupun pihak lain.


5. Memperindah tampilan blog anda


Tampilan pada blog atau yang biasa disebut dengan template juga merupakan hal penting yang tidak boleh anda lupakan. Yang saya maksudkan indah disini bukan hanya dari segi tampilan saja, melainkan dari segi kecepatan loading blog tersebut. Pengunjung akan betah berlama-lama diblog anda, jika blog anda tersebut memiliki tampilan yang bagus dan ringan ketika dibuka. Sehingga para pembaca pun akan menilai, bahwa yang mengelola blog tersebut merupakan orang yang profesional.


Tahap pengembangan blog


Panduan Belajar Ngeblog Untuk Pemula Sampai Sukses Menghasilkan Uang


Semua point sudah anda ikuti, dan sekarang kita lanjut ketahap pengembangan blog yang anda buat tadi. Blog sudah jadi, kontenpun juga sudah banyak tapi pengunjung masih sepi. Hmmm kira-kira apa yang kurang? jawabannya adalah optimasi blog. Optimasi blog itu seperti apa mas ? optimasi blog itu salah satunya bisa dengan SEO dan mempromosikan blog kita kepada banyak orang. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasanya berikut ini.


1. Tetaplah fokus pada konten yang anda buat


Dalam sebuah blog, konten adalah ujung tombak yang paling utama agar blog yang anda bangun tetap eksis. Jika dalam blog anda tidak memiliki konten yang berkualitas, bagaimana mungkin seseorang mau mengunjungi blog anda. Betul kan? . Nah selain itu ada hal yang harus anda perhatikan, yaitu tetap konsisten menulis atau mengupdate konten yang anda buat agar pembaca juga tidak jenuh melihat isi artikel yang itu-itu saja. Buatlah konten yang menarik, banyak dicari atau dibutuhkan, unik namun mudah dipahami isinya, dan yang tidak kalah penting "original".


2.  Gunakan teknik SEO


Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah teknik yang biasa digunakan oleh para blogger profesional guna meningkatkan ranking blognya dalam sebuah mesin pencari. Jika anda pernah mengetikkan sebuah kata kunci dalam mesin pencari Google, pasti anda bisa melihat di situ ada beberapa daftar blog dengan kata kunci yang anda maksudkan, itulah yang namanya SEO. Belajar itu SEO sangat penting, terutama jika anda ingin memiliki pengunjung organik yang sangat banyak. Ilmu SEO sendiri bisa mencakup banyak hal, seperti optimasi artikel, optimasi template, optimasi link, dan masih banyak lagi.


3. Berkunjung ke blog lain (Blogwalking)


Ketika kita merasa jenuh dalam membuat konten blog, berkunjunglah ke blog lain untuk mendapatkan inspirasi. Tidak ada salahnya toh, jika kita jalan-jalan dan meninggalkan komentar positif di blog lain. Maka dengan begitu, tali silaturahmi antar blogger pun akan terjalin dengan baik . Selain itu, blogwalking ini biasanya juga banyak digunakan oleh para blogger pemula untuk mencari backlink dengan tujuan untuk meningkatkan trafik blog mereka.


4. Memanfaatkan sosial media  


"The Power of Social Media" mungkin anda pernah mendengar kata-kata itu. Yups, sosial media merupakan sarana yang paling sering digunakan oleh semua kalangan. Setiap detik selalu ada yang mengepost kan status baik itu postingan pribadi maupun untuk bisnis. Nah dari situlah kita akan memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk mencari trafik, meskipun trafik yang kita dapat nantinya bukan trafik organik tapi paling tidak kita bisa sekalian mempromosikan blog kita kepada orang banyak. Diluar sana banyak sekali sosial media yang bisa kita manfaatkan, seperti contohnya Facebook, Google+, Instagram, Linkedin, Twitter dan masih banyak lagi.


5. Memanfaatkan social boomarking


Sebuah situs yang menyediakan layanan bookmark terbesar, sehingga memungkinkan kita untuk membuat bookmark pada setiap link artikel yang kita buat. Dengan membuat bookmark tersebut, kita akan mendapatkan trafik dan secara tidak langsung kita juga sudah membangun bakclink untuk blog kita melalui Social Bookmarking tersebut.


6. Banyak bergabung dalam forum


Forum merupakan sebuah wadah atau komunitas yang didalamnya terdapat banyak thread membahas topik-topik tertentu. Untuk itu bergabung dalam sebuah forum sangatlah penting bagi seorang blogger, selain menambah teman dan wawasan dari forum itu nantinya kita juga bisa mendapatkan pengunjung, meninggalkan link yang satu topik dengan blog kita bisa menjadi peluang dalam meningkatkan kualitas blog yang kita bangun.


7. Teruslah belajar


Kata pepatah, tuntutlah ilmu sampai ke Negeri China. Ilmu itu luas sob, bahkan bisa kita pelajari sampai kita tua nanti. Dan ingat, jadikan pengalaman sebagai guru terbaik anda. Karena dari pengalaman itulah nantinya kita bisa tahu dan mengantisipasi semua kesalahan yang pernah kita buat. Google juga bisa anda jadikan acuan dalam belajar ngeblog, atau bisa bergabung dalam sebuah forum blogger yang bernama ads.id. Segudang tips-tips dan ilmu bisa anda dapatkan semua di forum tersebut.



Baca juga :

7 Cara Mudah Membuat Blog Untuk Pemula

Kesalahan yang sering dilakukan seorang blogger newbie atau blogger pemula




Panduan Belajar Ngeblog Untuk Pemula Sampai Sukses Menghasilkan Uang


Tahap pengembangan blog sudah selesai kita bahas, sekarang kita lanjut ke materi selanjutnya yaitu kesalahan yang sering dilakukan seorang blogger newbie atau blogger pemula. Yuk langsung saja simak dibawah ini.

1. Terlalu fokus pada tampilan blog


Pada pembahasan sebelumnya sudah saya katakan bahwa memperindah blog itu sangat perlu, namun jika anda terlalu fokus merubah-rubah template pada blog anda itu hanya akan membuang-buang waktu. Satu hal yang perlu sobat, bahwa tampilan blog bukanlah segalanya, karena yang menjadi kunci utama blog anda berkembang menjadi besar adalah konten yang ada pada blog tersebut.


2. Mementingkan kuantitas konten daripada kualitas konten


Ini juga merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula. Dimana mereka membuat konten yang banyak dengan harapan mendapatkan pengunjung yang banyak pula. Itu merupakan cara yang salah, padahal untuk menarik pengunjung sebenarnya adalah membuat konten yang berkualitas. Untuk kuantitas sendiri nantinya bisa mengikuti. Jadi fokus saja untuk membuat konten yang berkualitas pada blog anda.


3. Banyak belajar namun malas praktek


Mempelajari apa yang belum kita tahu memang sangatlah penting, namun apa jadinya jika yang kita pelajari itu tidak pernah kita terapkan. Seseorang tidak akan mengatahui hasilnya, sebelum mempraktekkannya. Sebagai blogger newbie harusnya kita "Learning By Doing", yups benar sekali. Karena dari situ nanti kita bisa mengetahui kelemahan atau kekurangan yang kita miliki dalam membangun sebuah blog.


4. Cenderung tidak konsisten


Diawal ngeblog rata-rata blogger newbie sangat semangat sekali untuk masalah update artikel. Namun seiring berjalannya waktu, lama-lama mereka bosan dan cenderung malas untuk update. Kalau memang dari awal anda konsisten update artikel 1 hari satu artikel, maka seterusnya juga harus begitu. Atau jika merasa keberatan update lah 1 minggu satu artikel, yang penting konsisten setiap minggunya.


5. Terlalu banyak membuat blog


Pada awal ngeblog dulu, saya juga sempat mengalami hal yang seperti ini. Dimana keinginan kuat untuk menghasilkan uang yang banyak dari blog, akhirnya membuat blog yang banyak sekalian hehe. Ternyata itu salah, malahan yang ada semua blog yang saya buat tidak bisa terurus dengan baik karena terlalu bingung dan rakus. Sebagai blogger pemula, ada baiknya jika fokus pada satu blog saja agar hasil yang didapatpun juga maksimal.


6. Ambisi soal uang


Blog bukanlah suatu cara cepat untuk menjadikan seseorang menjadi kaya. Semua butuh proses dan kerja keras, sama seperti halnya anda membangun bisnis di dunia nyata. Meskipun begitu, jika anda tidak terlalu ambisi soal uang saya yakin blog yang anda bangun akan cepat menghasilkan. Blog merupakan bisnis jangka panjang, dan sangat menjanjikan bagi mereka yang mau berusaha.


7. Memantau pengunjung blog


Selalu memantau pengunjung yang datang di blog anda setiap waktu, itu justru hanya akan membuang-buang waktu anda. Biarlah mengalir apa adanya, dan tetap konsisten membuat artikel yang berkualitas. Lama kelamaan pengunjung juga akan bertambah kog tanpa harus dipantau setiap detik.


8. Terlalu banyak membahas topik


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa sebelum membuat blog hendaknya anda menentukan topik blog tersebut. Jika anda tidak menentukan topik secara konsisten, maka hasil yang didapatpun tidak maksimal. Blog yang membahas terlalu banyak topik hanya akan membuat anda susah untuk berkembang dan susah menemukan jati diri anda sendiri.



Sukses membangun blog, dan menghasilkan uang dari blog


Panduan Belajar Ngeblog Untuk Pemula Sampai Sukses Menghasilkan Uang


Setelah sukses membangun blog, dan anda memiliki banyak sekali pengunjung maka sekarang saatnya kita jadikan blog tersebut sebagai mesin pencetak uang hehe. Perlu diingat, untuk bisa mengikuti point ini setidaknya blog anda sudah mengikuti semua point yang saya jelaskan diatas.

Ah, mas nya bohong nih? mana mungkin blog bisa menghasilkan uang?

Tidak percaya? Coba ketikkan kata kunci Eka Lesmana di mesin pencari Google kemudian anda baca isi artikelnya.

Wah, iya mas saya percaya,,

Terus bagaimana caranya mas ?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kita bisa menghasilkan uang dari blog dengan memanfaatkan program periklanan. Nah salah satu program periklanan yang sangat populer saat ini adalah Google AdSense, dimana program ini merupakan program periklanan yang dikelola oleh pihak Google sendiri. Untuk menjadi mitra Google AdSense blog anda harus memiliki kriteria sesuai standard, dan mengikuti semua peraturan yang ada. Lebih jelasnya silahkan ikuti tautan berikut ini kebiijakan Google AdSense

Jika anda sukses mendaftar dan diterima sebagai mitra Google AdSense, saya yakin anda juga bisa sukses seperti blogger Eka Lesmana, dimana beliau waktu itu memiliki penghasilan 120 juta perbulannya.

Perlu anda ketahui, Eka Lesmana dulunya hanyalah seorang tamatan SMP dan kegiatan sehari-harinya berternak bebek. Namun karena keyakinan dan keinginan kuat yang beliau miliki, akhirnya menjadikan dia seorang blogger yang sukses dan memotivasi banyak orang.


Oke sobat IM Tips, tak terasa perbincangan mengenai panduan belajar ngeblog untuk pemula ampai sukses menghasilkan uang sudah usai. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi para sobat blogging semuanya. Sekian dan terimakasih.


Click to comment