-->

Apa itu External Link dan Pengaruhnya Pada SEO


Fungsi eksternal link dan pengaruhnya pada SEO - Sering mendengar ekternal link? atau pernah membacanya. Saya yakin yang membaca ini pasti sudah baca tentang eksternal link, karena sudah membaca judulny :). Sebenarnya apa sih eksternal link itu, baik sobat kali ini akan saya bahas apa itu eksternal link.

Apa itu External Link dan Pengaruhnya Pada SEO


Eksternal link

biar gampang memahami eksternal link akan saya buat ilustrasi sebagai berikut:
saya menulis blog yang membahas tentang cara membuat bakso yang kenyal. Dalam artikel tersebut saya menulis tentang cara membuat bakso terus kemudian saya kasih link hidup yang menuju website tentang warung bakso. Hal ini yang kita sebut sebagai eksternal link, lalu bagaimanakah pengaruh eksternal link kita terhadap SEO blog atau web kita? oke sobat kita lanjutkan pembahasan kita

Sebenarnya pengaruh gak sih eksternal link itu?

Seiring berkembangnya update algoritma dari google, apalagi yang sempat heboh dengan algoritma freed sebenarnya eksternal link bisa menguntungkan dan juga bisa merugikan

Ada yang beranggapan bahwa eksternal link itu berpengaruhburuk terhadap blog kita, sebenarnya tidak juga, tergantung eksternal link yang kita gunakan merupakan link yang relevan atau tidak. Misal kita sedang membahas tahu bulat, kemudian kita kasih eksternal link yang menuju tentang cara membuat roti. Coba kita pikirkan, ketika kita klik padahal kita sedang mencari tahu bulat ternyata yang muncul adalah roti, pasti dongkol dan pingin jedor jedorin kepala.Hal seperti ini akan membuat pengunjung lari dan enggan balik lagi, dan tentunya menjadi mimpi buruk bagi blog tersebut. Saran saya selalu gunakan eksternal link yang relevan dan hanya membahas 1 niche saja.

Lantas apakah eksternal link yang relevan akan mampu memperbaiki SEO web kita?

Tidak semua eksternal link yang relevan akan mampu membuat SEO blog kita bagus, tergantung kita dalam pemakaian eksternal link. Misal kita memasang eksternal link di homepage dan ternyata ketika pengunjung membuka homepage langsung klik ekternal link dan meninggalkan blog kita, maka bisa kita tebak apakah berdampak buruk atau tidak. Saran saya ketika akan membuat eksternal link jangan ditaruh di home page, silahkan taruh di akhir artikel, paling tidak pembaca sudah membaca artikel kita dahulu.

Apa pengaruh eksternal link terhadap pagerank?

Pagerank dari google secara kasar hitungannya adalah berapa banyak link yang masuk ke page tersebut, semakin banyak link yang masuk maka semakin bagus pagerank dari google. Sedangkan eksternal link adalah link yang keluar menuju web lain, dari sini bisa kita simpulkan seandainya link yang masuk lebih banyak dari link yang keluar tentu akan berdampak bagus, tapi sebaliknya kalau eksternal link lebih banyak tentu hal ini akan mengurangi poin dalam page rank.

Kemudian apakah perlu eksternal link itu?

tinggal sobat tentukan sebenarnya perlu tidak eksternal link itu dipasang? atau mungkin bertanya tanya kenapa di blog Imtips  tidak ada eksternal link, karena saya PEDE menulis hahah... (biar kelihatan original dan limited edition)


Oke sobat itu tadi penjelasan tentang eksternal link dan pengaruhnya pada SEO blog, semoga bermanfaat

Click to comment