-->

Cara Mengganti Domain Blogspot di Domainesia Dengan Mudah


Cara mengganti atau custom domain blogspot - Diwaktu yang lalu saya sudah pernah membahas tentang bagaimana cara mendapatkan domain gratis untuk blog . Nah untuk melengkapi postingan tersebut pada kali ini saya akan membahas cara menghubungkan domain ke blogspot melalui situs Domainesia dengan tujuan untuk meng-custom domain blogspot anda terlihat lebih profesional.

Cara Mengganti Domain Blogspot di Domainesia Dengan Mudah


Yups, dengan membuat domain sendiri baik itu domain berbayar maupun gratisan kemudian anda pasang pada blog yang anda kelola akan membuat blog terkesan profesional. Selain itu ada keuntungan lain jika blog anda memiliki nama domain sendiri, yaitu postingan ataupun konten yang anda buat akan mudah terindex di mesin pencari Google maupun mesin pencari lainnya. Baik itu mengganti domain blogspot menjadi .net , .com , .id dan masih banyak lagi ekstensi domain yang lainnya.

Dalam proses mengganti domain blogspot menjadi custom domain baik yang berbayar maupun yang gratisan tidaklah mudah, terutama bagi anda yang baru terjun dalam dunia blogging.  Untuk itulah disini saya akan memberikan tutorialnya agar domain atau custom domain dari Domainesia yang anda pasang di blogspot nantinya bisa terverifikasi otoritasnya, sehingga data pada blog tersebut bisa tersinkronasi dengan baik.


Cara custom domain blogspot di Domainesia


Setiap situs hosting pasti memiliki metode yang berbeda dalam proses penggantian domain yang ada di blogspot. Sehingga jika anda menerapkan cara dibawah ini pada situs hosting atau penyedia domain yang lain sudah pasti akan gagal atau mengalami error. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu jika domain yang anda beli tersebut dari Domainesia. Yuk langsung saja simak tutorial lengkapnya dibawah ini.


  • Pastikan terlebih dahulu jika domain yang anda beli di Domainesia sudah dalam keadaan aktif.
  • Silahkan melakukan login, kemudian masuk ke Dashboard Domainesia.
  • Langkah selanjutya pilih nama domain yang sudah anda beli sebelumnya.
  • Klik pada kolom atau menu "Kelola domain", setelah itu akan muncul menu baru dan pilih "Manage Nameservers".
  • Pastikan jika nameserversnya sudah sama seperti dibawah ini :
dns1.domainesia.com
dns2.domainesia.com
dns3.domainesia.com
dns4.domainesia.com

  • Apabila anda membeli domain yang berekstensi .co , .xyz  maka nameserversnya seperti ini :
dnsx1.domainesia.com
dnsx2.domainesia.com
dnsx3.domainesia.com
dnsx4.domainesia.com

  • Jika nameservernya tidak menyesuaikan otomasti dengan ekstensi domain yang anda beli, maka anda harus merubahnya secara manual.
  • Setelah nameserver beres mari kita lanjut ketahap berikutnya yaitu dengan mengklik menu Management Tools > Kelola DNS.
  • Masukkan IP address default blogger persis seperti yang ada dibawah ini :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

  • Untuk cara mengisinya cukup mudah, anda bisa melihat petunjuk berikut :
- Pada kolom Priority anda kosongi saja, tidak perlu diotak-atik lagi.
- Langsung berpindah ke kolom Jenis Record silahkan anda isi dengan A (Address).
- Berpindah ke kolom Address  isikan IP address default blogger diatas satu persatu, jangan dimasukkan semua karena harus bertahap satu persatu untuk menyimpannya dengan mengklik menu "simpan perubahan".
- Kolom terakhir yaitu Host Name silahkan anda isi dengan tanda "@", tanda tersebut merupakan tanda jika domain berganti secara otomatis.

  • Lanjut ke tahap berikutnya silahkan buka tab baru dan buka dashboard blogger anda kemudian masuk ke menu Setelan > Dasar dan pilih "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda".
  • Masukkan nama domain yang sebelumnya sudah anda setting diatas, untuk pengetikkannya gunakan ekstensi www, contoh : www.namadomainanda.com. 
  • Setelah itu klik "simpan", jika ada pesan error abaikan saja lalu copy kode CNAME nya dan paste di notepad.
  • Silahkan kembali ke Dashboard Domainesia, pada pengaturan DNS pindahkan kode CNAME yang sudah anda paste di notepad tadi, untuk "jenis record" nya silahkan anda ubah menjadi "CNAME (Alias)". Lalu klik simpan perubahan.
  • Pindah ke Dashboard blogger dan klik simpan.
  • Jika masih error tunggu hingga 12 jam, agar datanya tersinkron dulu. Setelah itu coba anda klik simpan lagi.
  • Selesai.


Nah sobat IM Tips, cukup mudahkan untuk mengganti domain atau custom domain Blogspot di Domainesia ? Apabila anda masih bingung, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang sudah disediakan dibawah ini. Semoga bermanfaat.


Click to comment