-->

Cara Submit Url Halaman Blog Ke Google Webmaster Tools


Cara Submit Blog Ke Google Webmaster tools - Setelah anda sukses membuat blog sendiri, agar halaman blog yang anda kelola cepat terindex di Google anda perlu melakukan submit url halaman blog ke webmaster tools.

Cara Submit Url Halaman Blog Ke Google Webmaster Tools


Lalu pentingkah melakukan submit url halaman ke Google? Yah, menurut saya itu sangat penting karena jika ingin artikel anda cepat menempati ranking di halaman mesin pencari anda harus melakukan request index secara manual melalui webmaster tools.

Sebelum kita lanjut ke topik utama, saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu Webmaster tools. Webmaster tools adalah sebuah layanan yang disediakan oleh pihak Google yang bisa kita manfaatkan untuk membantu mengoptimasi blog yang sedang anda kelola. Banyak sekali fitur yang bisa kita manfaatkan dalam webmaster toosl, salah satunya yaitu submit url halaman suatu website ke mesin pencari Google.

Dengan melakukan submit url ke webmaster tool, maka akan dengan mudah memberitahukan kepada robot Google untuk merayapi semua isi yang ada di dalam blog anda. Sehingga semua konten yang ada pada blog anda akan cepat terindex dan bisa menempati posisi pada halaman mesin pencari.

Cara submit url halaman dengan Google Webmaster tools


Untuk bisa melakukan submit url blog, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan blog / situs anda pada Google Webmaster Tools (GWT). Oke langsung saja simak caranya dibawah ini.

  • Buka halaman Google Webmaster Tools , kemudian login dengan akun Gmail anda.
  • Pada menu "tambahkan properti" silahkan anda masukkan alamat situs anda.
  • Setelah memasukkan alamat blog, jangan lupa untuk melakukan verifikasi. Dalam memverifikasi situs ada 4 metode yang bisa anda lakukan. Namun untuk mempermudah silahkan anda pilih verifikasi melalui tag html saja. Copy kode verifikasi yang sudah disediakan kemudian anda pastekan pada template blog anda, taruh di bawah kode <head> kemudian simpan template. Lalu kembali lagi ke halaman GWT , dan klik verifikasi.
  • Jika sudah tervirifikasi, kembali ke beranda GWT kemudian klik pada alamat website yang sudah anda daftarkan tadi.
  • Setelah itu anda akan dibawa pada halaman management, nah silahkan pilih pada menu perayapan > ambil sebagai Google.
  • Tuliskan link artikel yang ingin sobat index, kemudian klik "ambil" tunggu beberapa saat dan pilih menu "minta pengindeksan".
  • Maka akan muncul kotak dialog pilih "rayapi url ini saja" kemudian "kirim".
  • Tunggu beberapa saat , selesai.

Baca juga :



Nah sobat, melakukan submit url pada halaman blog ke Google Webmaster tools tidaklah terlalu sulit. Untuk mengecek artikel yang baru saja anda submit sudah terindex atau belum, anda bisa mengeceknya dengan cara mengetik "site:url artikel" pada mesin pencari Google. Jika memang konten yang anda buat berkualitas atau SEO maka secara otomatis artikel anda akan berada di halaman pertama Google. Semoga bermanfaat.




Click to comment